Selasa, 08 Maret 2011

Filsafat


NAMA: Alfi Syahfitri
NIM     : 8106173021’A
Filsafat
·         Filsafat adalah pandangan hidup seseorang manusia yang mencari dan memikirkan suatu kebenaran dengan sungguh-sungguh, yang di dalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat menyelidiki sebab dan asas segala benda). Sehingga Filsafat menjadi ilmu istimewa dan merupakan ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan  yang mencoba menjawab masalah-masalah yang tidak dapat dijawab oleh ilmu pengetahuan biasa kerana masalah-masalah tersebut di luar jangkauan ilmu pengetahuan biasa. Dengan mempelajari filsafat berarti mempelajari seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis, ini didalami tidak dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan problem secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu, serta akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektik atau sebuah bentuk dialog. Dan kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Dengan demikian filsafat bersifat ilmu umum sekali. Tugas penyelidikan tentang sebab telah dibagi sekarang oleh filsafat dengan ilmu.

Filsafat ilmu pengetahuan
·         Filsafat ilmu pengetahuan diperoleh dengan cara sadar, dengan melakukan sesuatu tehadap objek yang didasarkan pada suatu sistem. Prosesnya mengikuti metode, serta melakukannya dengan cara berurutan yang kemudian diakhiri dengan verifikasi atau pemeriksaan tentang kebenaran ilmiah (kesahihan). Dengan demikian pendekatan filsafat ilmu mempunyai implikasi pada sistematika pengetahuan sehingga memerlukan prosedur yang memenuhi aspek metodologi, bersifat teknis dan normatif akademik. Pada kenyataannya filsafat ilmu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, perkembangannya seiring dengan pemikiran tertinggi yang dicapai manusia. Oleh karena itu filsafat sains modern yang ada sekarang merupakan output perkembangan filsafat ilmu terkini yang telah dihasilkan oleh pemikiran manusia. Filsafat ilmu dalam perkembangannya dipengaruhi oleh pemikiran yang dipakai dalam membangun suatu ilmu pengetahuan.

PERBEDAAN FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN
  • Dilihat dari obyek material (lapangan)
Filsafat itu bersifat universal (umum), yaitu segala sesuatu yang ada (realita) sedangkan obyek material ilmu (pengetahuan ilmiah) itu bersifat khusus dan empiris. Artinya, ilmu hanya terfokus pada disiplin bidang masing-masing secra kaku dan terkotak-kotak, sedangkan kajian filsafat tidak terkotak-kotak dalam disiplin tertentu
  • Obyek formal (sudut pandangan)
  1. Filsafat itu bersifat non fragmentaris, karena mencari pengertian dari segala sesuatu yang ada itu secara luas, mendalam dan mendasar. Sedangkan ilmu bersifat fragmentaris, spesifik, dan intensif. Di samping itu, obyek formal itu bersifat teknik, yang berarti bahwa cara ide-ide manusia itu mengadakan penyatuan diri dengan realita.
  2. Filsafat dilaksanakan dalam suasana pengetahuan yang menonjolkan daya spekulasi, kritis, dan pengawasan, sedangkan ilmu haruslah diadakan riset lewat pendekatan trial and error. Oleh karena itu, nilai ilmu terletak pada kegunaan pragmatis, sedangkan kegunaan filsafat timbul dari nilainnya.
  3. Filsafat memuat pertanyaan lebih jauh dan lebih mendalam berdasarkan pada pengalaman realitas sehari-hari, sedangkan ilmu bersifat diskursif, yaitu menguraikan secara logis, yang dimulai dari tidak tahu menjadi tahu.
  4. Filsafat memberikan penjelasan yang terakhri, yang mutlak, dan mendalam sampai mendasar (primary cause) sedangkan ilmu menunjukkan sebab-sebab yang tidak begitu mendalam, yang lebih dekat, yang sekunder (secondary cause).
  5. Filsafat = berpikir kritis atau selalu mempertanyakan segala hal tanpa ada eksperimen. Sedangkan ilmu pengetahuan = selalu dengan eksperiman untuk menemukan jawaban dari pertanyaannya

·         Ilmu pengetahuan (Science) merupakan suatu proses pemikiran dan analisis yang dilakukan secara empiris, rasional, sistematik, logis, konsisten dan bersifat umum dengan cara melakukan tahapan metode ilmiah atau melakukan pengamatan dan observasi. Hasilnya dari ilmu pengetahuan dapat dibuktikan dengan percobaan yang transparan dan objektif. Ilmu pengetahuan mempunyai spektrum yang amat luas mencakup persoalan yang bersifar supermakro, makro, mikro. Hal ini jelas terlihat pada ilmu-ilmu: fisika, kimia, kedoteran,pertanian, dan sebagainya.

·         Pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui atau diperoleh manusia dengan pengmatan inderawi, pengetahuan itu muncul ketika seseorang menggunakan indera atau akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian yang belum pernah dilihat atau dirasakan misalnya ketika seseorang mencicipi suatu masakan yang baru dikenalnya, dia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma dari masakan tersebut .

·         Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup dan kehidupan, baik itu tumbuhan atau hewan. Biologi dibagi menjadi beberapa kelas, diantaranya Zoologi, Botani, Mikrobiologi, Virologi, dll

·         Pendidikan Biologi adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang sistematis dan terarah kepada terbentuknya kepribadian individu dengan mempelajari tentang mahluk hidup, baik itu tumbuhan atau hewan dan dapat menerapkan sikap ilmiah serta dapat mengembangkan potensi yang ada di alam untuk dijadikan sebagai sumber ilmu yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

·         Agama merupakan aturan atau suatu sistem atau prinsip kepercayaan kepada tuhan dan mengatur tata cara hidup manusia, hubungannya dengan tuhan dan sesamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar